Picpanzee logo Browse Instagram content with Picpanzee

Total Likes 200
Average Likes 12
Total Comments 3
Average Comments 1
OSENG MERCON  Bahan : 500gr daging sapi tetelan/krewedan  Bumbu Ulek : 8 baw.merah 6 baw.putih 8 cab.merah keriting 16 rawit domba  Siapkan : 3 daun salam 3 daun jeruk  2 batang serai 5 rawit utuh Jahe geprek Lengkuas geprek Kaldu Jamur Merang Gula merah  Caranya : - Rebus/presto daging sampai empuk dan air kaldu dagingnya jgn dibuang - Tumis bumbu ulek sampai harum, masukkan salam sereh daun jeruk dan lengkuas jahe - Masukan potongan daging dan sedikit air kaldunya lalu oseng sampai bumbu meresap - Lalu beri kaldu jamur/garam, gula merah, rawit utuh dan tutup wajan, lalu masak sampai air meresap.
📸Buncis Cah Ebi Terasi . . . 📸Bahan  Buncis secukupnya, rebus sebentar saja. 1 genggam  Ebi/udang kering 1 ruas  Lengkuas, digeprek Garam, gula, kaldu jamur secukupnya Air secukupnya Minyak untuk menumis . . . 📸Bumbu yg dihaluskan  8 bh  bawang merah 3 bh  Bawang putih 10 bh  cabe merah keriting 10 bh  cabe rawit Terasi bakar secukupnya . . . 📸Cara memasak * Rendam ebi dengan air hangat. Lalu cuci bersih dan ditumbuk/ulek, sisihkan. * Panaskan minyak, tumis ebi. Masukkan bumbu halus dan lengkuas. Beri gula, garam, kaldu jamur dan air secukupnya. * Masak hingga sambal matang, masukkan buncis. Aduk2 dan Koreksi rasa.
SAMBEL BAWANG IRIS PETE  Bahan 250 gr cabe rawit merah  250 gr bawang merah 2 bombay ukr sedang 1 tomat merah 3 papan pete 1 sdm gula pasir (boleh di skip kalo doyan pedes banget) Garam & kaldu bubuk  Caranya 1. Iris cabe kecil-kecil, bisa pake gunting, lalu bejek-bejek sebentar pake batu ulekan (lsg di baskom aja) bejek2 bahasa Ind nya apa ya 2. Iris bawang merah dan bombay, tomat di potong dadu kecil2 3. Irisan cabe bawang tomat semua lsg di tumis dlm minyak panas (sy pake minyak bekas goreng ayam yang sdh disaring, jd wangi banget) masak dengan api kecil sampai 30menit (kalo mau lebih pedes cukup 10-15menit) bumbui garam gula dan kaldu bubuk,  5menit sebelum di angkat masukkan pete, aduk-aduk.., nanti setelah di angkat pete akan layu karena panasnya sambel.
🐟Tenggiri goreng saus asam gurih  Bahan: 400gram ikan tenggiri🐟 1 sendok teh asam jawa + 150ml air(remas" buang ampas) 1 sendok mkn @FiberCreme 3 sendok mkn kecap manis 3 butir bawang merah(iris kasar) 8 cabe rawit(iris") Secukupnya: Garam,lada dan gula.  Cara masak: -Cuci bersih ikan diair mengalir lalu marinated 30mnt dengan dikit garam dan lada. -Setelah 30mnt goreng ikan sampai matang.sisihkan -Didihkan air asam lalu masukan @FiberCreme dan kecap manis. -Masak sampai mengental baru masukan ikan goreng tadi,potongan bawang merah dan cabe rawit. -Bumbui dikit garam dan gula aduk rata.tes rasanya bila sudah pas manis asam gurihhh dan pedasnya.angkat sajikan.
Sentuh LOVE 💗 dulu dong Mak • • • • • • Assalamualaikum.. Bikin Getuk Lindri iihh enak lhoo!!asli!bikin sendiri lebih enak.Sambil numbuj sambil nge giling ga brenti2 nyomot..Pulen dan legit. Note ; pilih Singkong yang Kulit arinya warna merah yaa.Biasanya ini di jamin pulen □□□□□□□□□□□□□□□□□□ GETUK LINDRI  Bahan  1 kg Singkong. 150 gr gula pasir 3 sdm Margarine 1/2 st garam 1/2 st pasta pandan  Bahan taburan Kelapa parut kupas dan 1/2st garam campur.kukus sisihkan  Cara membuat  Kupas singkong.Cuci bersih.Kukus sampai empuk.Angkat letakkan di bowl.panas2 Tumbuk setengah halus.Masukkan Gula,garam,margarine dan pasta pandan.Tumbuk kembali sambil di aduk2.Buang seratnya.  Siapkan gilingan.Giling 2x.Yang ke 3 langsung bentuk.Taburi parutan kelapa sajikan..Yummmieeee
ES JELLY MANGGA . . BAHAN: 1 sct nutrijell mangga Sesuai selera gula pasir 1 kaleng susu kental manis 1,5 liter air (yg 500ml aku pake susu cair) 2 buah mangga manis 3 sct nutrisari mangga 2 sct nutrisari jeruk manis  LANGKAH:  1.bikin nutrijell sesuai petunjuk pemakaian di belakang kemasannya yah,lalu biarkan mengeras dan potong2 dadu kecil  2.kupas mangga lalu cuci bersih,potong kotak kecil seperti nutrijell  3.campur susu kental manis,air dan gula,didihkan hingga gula larut,angkat dan biarkan dingin,sy pake air 1 liter yg sisanya pake susu cair,ngabisin stock  4.jika sdh hangat masukan nutrisari,aduk rata,biarkan suhu ruang,jika sdh suhu ruang,masukan jelly dan potongan mangga,siap di sajikan pake es batu atau bs di simpan di kulkas.
buat sarapan pagi enak juga ini guy's . ROTI JOHN Tawar . Bahan: Roti tawar Kornet (bisa ganti chicken luncheon, sosis, smoked beef, daging2an) Telur kocok lepas (kasih garam merica) Bombay, cincang Daun bawang, iris Keju parut / mozarella Margarin Saus sambal, mayo  Cara membuat: - lelehkan margarin, tumis kornet + bombay sampai wangi, tuang telur, taburi daun bawang + keju, tutup dengan selembar roti tawar, masak sampai telur matang. - balik, beri saus sambal & mayo, panggang sampai roti garing kecoklatan. Lipat dua, sajikan segera. ••• PS: - aku biasa pakai kornet pronas yg biru - biasanya pake 2 telur untuk 3 roti
The mind is like tofu It tastes like whatever you marinate it ...🥄 Hari masak ini saja Sup Tahu Isi dengan Bakso, kenyang deh😋  Tahu Isi Daging Udang .  Bahan : 2 buah tahu putih 100 grm udang 50 grm daging 1/2 sdm bawang putih halus  1/2 sdm @FiberCreme  1 sdm tepung sagu  1 butir telur putih  1/2 sdm minyak wijen  Garam, merica, perasa, dan gula secukupnya .  Cara : 1. Potong menjadi 4 bagian tahu.  2. Campurkan udang, daging, bawang putih halus, FiberCreme, tepung sagu, telur putih, minyak wijen, garam, merica, perasa dan gula secukupnya aduk rata diamkan 15 menit.  3. Korek sedikit tengah tahu kemudian isi dengan adonan tadi.  4. Kukus selama 10 menit hingga matang atau langsung di masak dengan sup sampai matang.
weekend gini enaknya bikin makanan buat keluarga tersayang  SAWUT SINGKONG .  Bahan 1: 2 bh singkong, kupas & parut kasar (sy pakai parutan wortel) 2 blok gula aren (sesuai selera), sisir halus Sejumput garam .  Bahan 2: 2 bh singkong, kupas & parut kasar 3 sdm gula pasir 100 gr kelapa parut kasar (sy parut sendiri pkai parutan kayu, hasil parutan lbh panjang & bagus) Sejumput garam .  Cara memasak : -panaskan kukusan. -siapkan loyang, olesi dgn sedikit minyak lalu alasi dgn daun pisang. -Dalam wadah,campur rata bahan 1 lalu tuang kedalam loyang. Kukus sambil sesekali diaduk balik agar matangnya merata. Jika sudah matang, tekan-tekan (pkai sendok) sawut agar bentuknya padat. Kukus kembali. -Siapkan bahan 2, dalam wadah, campur rata bahan 2 lalu tuang diatas bahan 1. Lakukan hal yg sama, aduk balik lalu ditekan agar padat. Kukus sampai matang merata. -angkat, tunggu sampai dingin. Potong-potong dan siap dihidangkan. -sajikan dengan taburan kelapa diatasnya. .
Reposted from @surabayamengaji - . Puasa Asyura menghapuskan dosa setahun yang lalu . Dari Abu Qotadah Al Anshoriy, berkata, . وَسُئِلَ عَنْ صَوْمِ يَوْمِ عَرَفَةَ فَقَالَ « يُكَفِّرُ السَّنَةَ الْمَاضِيَةَ وَالْبَاقِيَةَ ». قَالَ وَسُئِلَ عَنْ صَوْمِ يَوْمِ عَاشُورَاءَ فَقَالَ « يُكَفِّرُ السَّنَةَ الْمَاضِيَةَ . “Nabi shallallahu ’alaihi wa sallam ditanya mengenai keutamaan puasa Arafah? Beliau menjawab, ”Puasa Arafah akan menghapus dosa setahun yang lalu dan setahun yang akan datang.” Beliau juga ditanya mengenai keistimewaan puasa ’Asyura? Beliau menjawab, ”Puasa ’Asyura akan menghapus dosa setahun yang lalu.” (HR. Muslim no. 1162). . Kata Imam Nawawi rahimahullah, yang dimaksudkan pengampunan dosa di sini adalah dosa kecil sebagaimana beliau penerangkan masalah pengampunan dosa ini dalam pembahasan wudhu. Namun diharapkan dosa besar pun bisa diperingan dengan amalan tersebut. Jika tidak, amalan tersebut bisa meninggikan derajat seseorang. Lihat Syarh Shahih Muslim, 8: 46. . Adapun Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah berpendapat secara mutlak setiap dosa bisa terhapus dengan amalan seperti puasa Asyura. Lihat Majmu’ Al Fatawa karya Ibnu Taimiyah, 7: 487-501 . 🌏 https://rumaysho.com/3750-keutamaan-puasa-asyura.html - #regrann
Assalamualaikum pagi sahabat igers.... SUP KUBIS . Bahan : - 250 gr sayap Ayam - 2 buah kentang - 3 buah wortel - 150 gr kubis - 2 lmbr daun jeruk - 1 btg sereh geprek - 1 buah tomat potong-potong - 2 btg daun bawang potong² - 3 siung bawang merah iris tipis (Goreng untuk taburan) - garam dan Royco Ayam secukupnya - 500 mil air . Bumbu halus : - 3 siung bawang putih - 1 ruas kunyit - 1 ruas jahe . Cara Membuatnya : 1. Bersihkan sayap Ayam, Potong2 lalu rebus kurleb 30 menit, waktu merebusnya tambahkan 2 lmbr daun jeruk 2. Tumis bumbu halus hingga harum bersama daun jeruk dan serai geprek, lalu masukkan kedalam rebusan ayam,masak hingga mendidih, setelah mendidih masukkan wortel dan kentang, tambahkan garam dan Royco Ayam,tes rasa 3. Setelah kentang dan wortel nya empuk, masukan kol, daun bawang dan potongan tomat,aduk sebentar saja (supaya layu saja),lalu angkat dan sajikan dengan ditaburi bawang merah goreng
PENCET 💗 LOVE Dulu Sebelum Coba Resepnya, Agar Kita Makin Semangat Update Resepnya 😊⁣⁣ ⁣ TONGSENG AYAM ⁣ BAHAN :⁣ 500 gram ayam, bersihkan potong agak kecil, beri air jeruk nipis/air asam dan sdkit garam, diamkan sbntr, cuci bersih kembali, tiriskan⁣ Beberapa lembar kol iris kasar⁣ 2 buah tomat potong kasar⁣ 1 batang daun bawang iris⁣ Cabe rawit utuh sesuai selera⁣ 2-3 sdm santan kental instan⁣ Air secukupnya⁣ 2-3 sdm kecap manis/sesuai selera⁣ Garam, kaldu jamur, merica bubuk⁣ Bawang goreng utk taburan .⁣ ⁣ BUMBU IRIS :⁣ 4 butir bwng merah⁣ Cabe rawit merah sesuai selera .⁣ ⁣ BUMBU HALUS :⁣ 1 sdt ketumbar sangrai⁣ 3 butir kemiri sangrai⁣ Sdkit jahe dan kunyit⁣ 4 siung bawang putih⁣ 6 butir bawang merah⁣ 1/4 sdt pala bubuk dan jinten bubuk .⁣ ⁣ BUMBU REMPAH :⁣ 2 lmbr daun salam⁣ 1 batang sereh memarkan⁣ 4 lmbr daun jeruk sobek2⁣ 2 cm laos memarkan⁣ 2 cm kayu manis⁣ 1 buah bunga lawang/pekak⁣ 2 buah cengkeh .⁣ ⁣ CARA MEMBUAT :⁣ 1. Tumis bumbu iris sampai wangi, tambahkan bumbu halus dan bumbu rempah masak sampai benar2 matang dan mengeluarkan minyak⁣ 2. Masukkan potongan ayam, masak sampai berubah warna, beri kecap manis aduk rata, lalu tambahkan air sampai ayam terendam, didihkan⁣ 3. Beri garam, kaldu jamur dan merica bubuk, msk sampai ayam empuk dan bumbu meresap (cek rasa sesuaikan selera) ⁣ 4. Masukkan irisan kol, tomat, cabe rawit utuh, daun bawang dan santan, masak lg sebentar, angkat sajikan dng taburan bwng goreng 😋👍 ⁣ ⁣
Yang seger numpang lewat dulu yaa😋 . . ES TIMUN SELASIH  Bahan: 2 buah timun, potong sedikit ujung2nya, kemudian gosok2 utk mengurangi getahnya, cuci bersih, belah dua,  buang bijinya dgn cara dikeruk dengan sendok kemudian serut timun. 1 sdm selasih rendam air hangat Secukupnya sirup melon Secukupnya air matang Secukupnya natadecoco (sy bikin versi kw, resep di bawah) Es batu  Cara membuat: Campur diwadah, timun, selasih, natadecoco, tuang sirup dan air, aduk rata. Beri es batu, aduk rata, cek rasa manisnya. Sajikan di gelas.  Natadecoco KW Bahan: 1 bungkus kecil Nutrijel kelapa muda 450ml air kelapa 2sdm kental manis putih Secukupnya gula pasir  Cara: Campur semua bahan, aduk rata. Masak hingga mendidih. Tuang ke loyang, biarkan mengeras. Potong dadu kecil. Siap digunakan.
paling enak pas musim dingin makan bubur ini kesukaan aq selama ditaiwan nich  My favorite soup 😍  Masaknya simple bgt, ga pake ribet, gag pake lama walaupun cuma sup jagung polosan tanpa tambahan daging ayam suwir/kepiting ya rasanya tetep enakkk banget buatku 😋 ——————————————————————— 📸Sup Jagung Sederhana (corn soup) . . 📸Bahan 2 bh jagung manis, pipil 1 bh wortel, cincang kasar/potong sesuai selera 4 siung bwg putih, cincang halus Kurleb 1 L air panas (boleh kira2 saja sesuai selera) 1/2 sdm kaldu jamur bubuk (boleh pake kaldu ayam) 1/2 sdt gula pasir 1/2 - 1 sdt merica Garam secukupnya 2 butir telur, kocok lepas 2 sdm tepung maizena + 5 sdm air, larutkan jadi satu; u/mengentalkan Minyak goreng secukupnya . . . 📸Cara memasaknya 1. Panaskan minyak, tumis bwg putih hingga wangi. Masukkan jagung manis pipil dan potongan wortelnya. Aduk rata.  2. Setelah itu masukkan air panasnya, garam, merica, gula pasir dan kaldu bubuk. Aduk jadi satu. Masak hingga jagung dan wortelnya matang. 3. Masukkan telur kocok ke dalam sup jagungnya sedikit demi sedikit sambil diaduk2 hingga berserabut, teruskan sampai telur habis. Stelah itu icip dan koreksi rasanya.  4. Terakhir, masukkan larutan maizena sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga kuah sedikit mengental (tingkat kekentalan sup boleh sesuaikan dgn selera) .
Reposted from @tauhidkaffah -  Puasa Asyura menghapuskan dosa setahun yang lalu . Dari Abu Qotadah Al Anshoriy, berkata, . “Nabi shallallahu ’alaihi wa sallam ditanya mengenai keutamaan puasa Arafah? Beliau menjawab, ”Puasa Arafah akan menghapus dosa setahun yang lalu dan setahun yang akan datang.” Beliau juga ditanya mengenai keistimewaan puasa ’Asyura? Beliau menjawab, ”Puasa ’Asyura akan menghapus dosa setahun yang lalu.” (HR. Muslim no. 1162). . Kata Imam Nawawi rahimahullah, yang dimaksudkan pengampunan dosa di sini adalah dosa kecil sebagaimana beliau penerangkan masalah pengampunan dosa ini dalam pembahasan wudhu. Namun diharapkan dosa besar pun bisa diperingan dengan amalan tersebut. Jika tidak, amalan tersebut bisa meninggikan derajat seseorang. Lihat Syarh Shahih Muslim, 8: 46. . Adapun Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah berpendapat secara mutlak setiap dosa bisa terhapus dengan amalan seperti puasa Asyura. Lihat Majmu’ Al Fatawa karya Ibnu Taimiyah, 7: 487-501 . 3- Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam punya keinginan berpuasa pada hari kesembilan (tasu’ah) . Ibnu Abbas radhiyallahu ’anhuma berkata bahwa ketika Nabi shallallahu ’alaihi wa sallam melakukan puasa hari ’Asyura dan memerintahkan kaum muslimin untuk melakukannya, pada saat itu ada yang berkata,. . “Wahai Rasulullah, hari ini adalah hari yang diagungkan oleh Yahudi dan Nashrani.” Lantas beliau mengatakan, . “Apabila tiba tahun depan –insya Allah (jika Allah menghendaki)– kita akan berpuasa pula pada hari kesembilan.” Ibnu Abbas mengatakan, . “Belum sampai tahun depan, Nabi shallallahu ’alaihi wa sallam sudah keburu meninggal dunia.” (HR. Muslim no. 1134) . Kenapa sebaiknya menambahkan dengan hari kesembilan untuk berpuasa? Kata Imam Nawawi rahimahullah, para ulama berkata bahwa maksudnya adalah untuk menyelisihi orang Yahudi yang cuma berpuasa tanggal 10 Muharram saja. Itulah yang ditunjukkan dalam hadits di atas. Lihat Syarh Shahih Muslim, 8: 14. . Baca
Reposted from @ustadz.adihidayat -  Macam-macam dzikri di dalam al-quran.. . Ini penjelasan Ustadz Adi Hidayat 🙏 . Jangan lupa kasih like biar kami semangat update terus kajian Ustadz Adi hidayat ❤️ . . . Sebarkan dan support dengan cara . tag temen, suami, istri, pacar halal, 😍 . . Follow @ustadz.adihidayat Follow @ustadz.adihidayat Follow @ustadz.adihidayat . Barangsiapa memberi petunjuk pada kebaikan, maka ia akan mendapatkan pahala seperti pahala orang yang mengikuti ajakannya tanpa mengurangi pahala mereka sedikit pun juga.” (HR. Muslim no. 2674) . . . #kajianustadzadihidayat #kajianpendek #kajianustadabdulsomad #kajianustadhananattaki #videohijrah #ustadzevieeffendi #ustadzadihidayatlcma #adihidayat #jamaahustadzadihidayat #kajianustadzabdulsomad #kajianustadzkhalid #kajian1menit #ustadzsyafiqbasalamah #ustadadihidayatlc #hananattakivideo #oneminutebooster - #regrann
Reposted from @ustadz.adihidayat -  Shalatnya hamba yang dicintai Allah.. . Ini penjelasan Ustadz Adi Hidayat 🙏 . Jangan lupa kasih like biar kami semangat update terus kajian Ustadz Adi hidayat ❤️ . . . Sebarkan dan support dengan cara . tag temen, suami, istri, pacar halal, 😍 . . Follow @ustadz.adihidayat Follow @ustadz.adihidayat Follow @ustadz.adihidayat . Barangsiapa memberi petunjuk pada kebaikan, maka ia akan mendapatkan pahala seperti pahala orang yang mengikuti ajakannya tanpa mengurangi pahala mereka sedikit pun juga.” (HR. Muslim no. 2674) . . . #shalat #hambasoleh #hijrah #hijrahyuk #kajianustadzadihidayat #kajianustadabdulsomad #ustadzevieeffendi #ustadadihidayat #ustadzadihidayatlcma #adihidayat #jamaahustadzadihidayat #kajianustadzabdulsomad #kajianustadzkhalid #hananattaki #kajiandakwah #ngajakngaji #dakwahcinta #pemudahijrah #ustadfelixsiauw #dakwahindonesia - #regrann

Loading